1.3.11. Terpilih Menjadi Ompu I Ephorus

1.3.11.    Terpilih Menjadi Ompu i Ephorus

Terpilihnya Ds. Gustav Siahaan menjadi Ephorus HKBP, pada Sinode Godang bulan Juli 1974, untuk menggantikan Ds. Tunggul Somuntul Sihombing sebenarnya sudah diduga jauh sebelumnya. -

Figur, kepribadian dan gaya hidup Ds. Gustav Siahaan sangat disukai oleh banyak pendeta HKBP. Ia akrab dan dekat dengan para pendeta. Ia tidak birokratis. Ia selalu memahami dan menyelesaikan berbagai masalah pendeta secara kekeluargaan, sekalipun masalah itu berhubungan langsung dengan kepemimpinan Pendeta di Ressort pelayanannya. Ia benar-benar menerapkan parhahamaranggion - persaudaraan, yang merupakan motto pendeta HKBP untuk menjalin sisada tohonan - satu tahbisan dalam kependetaan. Dengan demikian, figur Ds. Gustav Siahaan sangat dikagumi dan dihormati di kalangan pendeta dan pelayan lainnya di HKBP.

Oleh karena itu, pergantian kepemimpinan Ephorus dari Ds. Tunggul S. Sihombing kepada Ds. Gustav Siahaan adalah merupakan proses estafet. Sebab agaknya tidak ada figur lain yang cocok dan yang layak menjadi Ephorus HKBP untuk menggantikan Ds. Tunggul S. Sihombing selain Ds. Gustav Siahaan. Apalagi di kalangan pendeta HKBP sudah banyak melihat bahwa kepemimpinan dan pelayanan Ds. Tunggul S. Sihombing selalu dibayang-bayangi Ds. Gustav Siahaan. Hal itu juga diakui oleh Ds. Gustav Siahaan. –

Pada perayaan jubileum 25 tahun kependetaannya, 24 Oktober 1968, Ds. Gustav Siahaan menyampaikan terima kasih kepada orang-orang yang membantu dia dalam pelayanan, termasuk Ds. Tunggul S. Sihombing, yang ketika itu menjabat sebagai Ephorus HKBP. Ia mengatakan:

"Mauliate do dohononnami tu sude dongan saulaon na godang rap mangula dohot hami, songon angka amanta Parhalado Pusat, amanta Praeses, angka Ketua-ketua Seksi; siala boi kerja sama na denggan dohot iba. Tarlobi dohot Ompu i, Ephorus ni Hurianta, mauliate ma hudok, na tongtong dongannami mangula di angka tingki parungkilon dohot las ni roha. Ndada holan na saperiode on, nang andorang di Nommensen pe. Jotjot do nasida na huganti di ulaon. Nasida dona huganti di Sipirok. Nasida dona huganti di Medan. Nasida dona huganti di Nommensen di sabagian ulaon nasida hian. Nasida do nang na huganti sebagai Sekretaris Jenderal. Jadi sian na niula nasida godang dona huguruhon, ala sai nasida di jolongku."

-[Terima kasih saya ucapkan kepada semua kawan sekerja, yang banyak bekerja sama dengan kami, seperti para Majelis Pusat, Praeses, Ketua-ketua Seksi, karena dapat bekerja sama dengan baik bersama kami. Terlebih kepada Ompu i Ephorus gereja kita, yang selalu menjadi kawan sekerja kami pada masa-masa sulit dan mas a sukacita. Bukan hanya dalam periode ini saja, tetapi juga ketika kami sama-sama di Nommensen. Saya yang selalu menggantikan jabatannya. Beliaulah yang saya gantikan di Sipirok. Beliau juga yang saya ganti di Medan. Sebagian dari jabatan beliau juga saya gantikan di Nommensen. Dan, beliaulah yang saya ganti sebagai Sekretaris Jenderal]

Ucapan itu disampaikan Ds. Gustav Siahaan pada tahun 1968, di tengah perayaan 25 tahun kependetaan nya, di mana Ds. Tunggul S. Sihombing hadir dan mendengamya. –

Apa yang dikatakan Ds. Gustav Siahaan adalah suatu realita, sesuai dengan fakta dan pengalamannya. Bila kemudian ia terpilih menjadi Ephorus HKBP untuk menggantikan Ds. Tunggul S. Sihombing, maka ucapan itu sudah merupakan suatu nubuatan. Estafet kepemimpinan antara Ds. Tunggul S. Sihombing dengan Ds. Gustav Siahaan mungkin saja secara kebetulan. Namun kenyataan tersebut turut mempengaruhi pemikiran peserta Sinode Godang, khususnya dari kalangan pendeta untuk memilih Ds. Gustav Siahaan sebagai Ephorus HKBP. Artinya, bahwa setelah Ds. Tunggul S. Sihombing, maka pada gilirannya Ds. Gustav Siahaan lah yang akan menjadi Ephorus HKBP. Kenyataan itulah yang terjadi pada Sinode Godang bulan Juli 1974.

Setelah Ds. Gustav Siahaan menjadi Ephorus, maka namanya selalu ditulis dan dicantumkan secara lengkap yaitu Ds. G.H.M. Siahaan. Kita tidak sempat tahu, mengapa sebelum Ephorus namanya selalu ditulis dengan Ds. G. Siahaan atau kadang-kadang Ds. Gustav Siahaan. dan mengapa setelah Ephorus namanya ditulis secara lengkap menjadi Ds. G.H.M. Siahaan. Nama Ds. G.H.M. Siahaan akhirnya memiliki bobot tersendiri, yang memiliki wibawa di mata orang yang membacanya, terlebih di kalangan Pendeta HKBP. Kebesaran nama Ds. G.H.M. Siahaan seolah-olah dapat menjadi representasi kehadiran HKBP.

Dalam merenungkan perjalanan dan pengalaman kebersamaan: dengan Tuhan, pada ulang tahun tahbisan kependetaan nya. Ds. G.H.M.  Siahaan mengatakan dan menuliskan:

"Di na hubilangbilangi angka na masa tu diringku, tarsingo' do rohangku tu ayat na mandok: 'Ida ma naposongki, 1w hutogu, na hupuuit i, hasudungan ni rohangku' (Jes 42:1) Nian hata panurirangion taringot tu Naposo na sin tong i, Mesias i. do on. Alai hira na tu iba do nibilala pandohan i. Na ditogu Tuhan i do ahu hubilala. Hubilala, anggo Tuhan i nunga tibu paradchml ahu tu ulaon on. Andorang poso dope ahu, nunga somal huida angka Pangula ni Huria dohot angka na masa di Huria. ala Guru Sending Amanta. Ala di inganan ni Pandita dohot Pandita sian baribaAmanta ditempathon, gabe somal niida nang Pandita do hot pangulaonna. Godang situtu do lapatan ni on hubilala di pangulaonku dung gabe Pandita. Nang na sanga guru i iba satongkin. Tong do songon panogunoguon ni Tuhan i do on di iba dompak ulaon di huria. Ai di tingki i do niguruhon marsaor tu angka na tuatua, tu angka Guru Sending, tu angka Pandita. Niihutan do sipata pandita tu pagaran, suang songon i Parguruende N aposobulung malo laho mardalani manopot huria. Ndang adong hian hupingkir na ingkon sahat tu iba angka ulaon na songon i balga di Huria. Na tinogu ni Tuhan i do iba tusi. Hira na songon pangke rene ana do niida panogunoguonNa i. Ndang songgot, alai naek sasatangga.

 Marguna do hubilala na tu Sipirok i iba parjolo Pandita. Dilatih do iba di bagasan hapogoson. Dilatih mandalani angka dalan na maol. Ndada holan latihan tu pamatang i, alai laos latihan do i tu ngol u partondion. Di Sibolga dilatih do iba mangula ulaon na gooang, alai dipalas huhut rohaniba marhite angka holong ni roha ni dongan. Di Medan, niangkupan do halak na marragam. ungkupan do angka halak na malo. hadapan angka perkembangan, hadapan nang angka persoalan. Ndang pola godang di iba hamaloon. Roha dohot pingkiran na bulus-bulus do. Alai nang pe songon i sai ditungkoli Tuhan do iba di angka ulaon. Di Pematangsiantar, godang do angka pingkiran do hot na masa tu pandita niadopan. Laos dohot do iba mangadopi do hot mangula angka na ringkot di tonga-tonga ni huria i. Asa ndang holan na dilatih manang diparade Tuhan i iba. Na tinogu-toguNa do iba tu ulaon i, asa unang marmara.
 Ndada holan di ngolu pardagingon pannaraan siboluson, nang tu tohonanniba pe godang do pannaraan. Sijagahononhon do, asa unang mangoloi sibuk dohot mudar tu mohop ni ateate di angka paraloan. Jala ndang boi cara ni portibi on tiruon laho mangadopi angka paraloan. Ai hamonangan situluanta ima hamonangan ni Hata ni Debata do, ndada hamonangan ni hata ni sibolis. Hamonangan ni huria do, ndada hamonangan ni portibi. Di angka paraloan na masa na niadopan, jotjot do ditait Debata iba ni bilala sian mohop ni ateate. Asa ndang be mohop ni roha na manghata i. Ditogu-togu Debata do iba nibilala mangantusi angka na masa di bagasan panatapan tu jolo, asa hombar tu lomo ni roha ni Debata jumpang di ganup na masa dihuria i.

-- "Ketika saya merenungkan berbagai peristiwa yang saya alami, saya teringat nats Firman Tuhan yang mengatakan: 'Lihat, itu hambaKu yang ku pegang, orang pilihan ku, yang kepadanya Aku berkenan' (Yes 42: Ia). Memang nats ini adalah suatu nubuatan tentang Hamba yang benar itu, yaitu Mesias. Akan tetapi saya memahami dan merasakan bahwa nats tersebut juga ditujukan kepada diri saya. –

Sebab saya merasakan, Tuhanlah yang memegang dan membimbing saya dalam setiap peristiwa dan pengalaman hidup yang saya lalui. Saya merasa, sejak lama Tuhan telah mempersiapkan saya untuk menjadi pelayanNya. Ketika saya masih muda, saya sudah mengenal kehidupan pendeta dan berbagai pelayanan jemaat. –

Hal itu dapat terjadi karena orang tua saya adalah seorang Guru Zending. Berhubung karena orang tua saya selalu dekat dengan kehidupan pendeta, baik pendeta pribumi maupun pendeta misionar, maka saya juga banyak mengenal pelayanan dan perilaku kehidupan pendeta. Pengalaman-pengalaman tersebut sangat berguna bagi saya setelah menjadi pendeta. –

Demikian juga ketika saya pernah menjadi guru di sekolah, walaupun hanya sebentar. Pengalaman-pengalaman itu saya pahami sebagai bentuk persiapan dari Tuhan untuk kelak menjadi pelayan-Nya. Sebab ketika sebagai guru itu, saya banyak bergaul dan berkomunikasi dengan orang tua, Guru Zending, dan juga kepada para pendeta. –

Ketika itu, saya turut menyertai pendeta dalam perkunjungan ke jemaatnya. Saya juga turut serta dengan pemuda-pemudi gereja yang mengadakan perkunjungan ke jemaat. Saya tidak pernah berpikir sebelumnya, bahwa Tuhan akan memberikan pekerjaan yang begitu besar bagi saya di dalam gereja-Nya. Tuhanlah yang semata-mata mempersiapkan saya ke dalam pelayanan ini. Saya melihat bahwa Tuhan mempersiapkan saya sesuai dengan rencana-Nya. Memang, jabatan pelayanan yang saya terima tidak secara tiba-tiba, tetapi jabatan yang saya emban naik tahap demi tahap.” ---

Pengalaman pertama sebagai pendeta di Sipirok sangat bermanfaat bagi saya. Di sana saya dilatih untuk dapat hidup dalam kemiskinan. Dilatih juga untuk dapat melakukan perkunjungan jemaat melalui jalan-jalan darurat yang sangat sulit dilalui. Pengalaman itu merupakan latihan jasmani dan rohani. Saya juga dilatih dalam berbagai hal ketika saya melayani di Sibolga. –

Ketika itu, tugas pelayanan sangat banyak, namun saya terhibur oleh dukungan orang-orang yang mengasihi saya. Ketika melayani di Medan, saya menghadapi berbagai tipe manusia. Saya harus menghadapi para cendekiawan, menghadapi perkembangan zaman, dan menghadapi berbagai persoalan jemaat. Memang saya tidak memiliki banyak pengetahuan. –

Tetapi saya selalu bersikap jujur, bersahaja dan apa adanya saja. Namun demikian, Tuhan selalu menopang saya di dalam setiap pelayanan. Ketika saya melayani di Pematangsiantar. saya banyak menghadapi permasalahan yang dihadapi pendeta. Saya juga ikut serta dalam menyesuaikan berbagai masalah jemaat. Oleh karena itu Tuhan tidak hanya melatih dan mempersiapkan saya. tetapi juga menjaga dan membimbing saya, sehingga saya tidak jatuh ke dalam marabahaya.

Permasalahan yang saya hadapi bukan hanya ancaman Terhadap kehidupan jasmani tetapi juga ancaman terhadap tohonan, tahbisan pendeta. Sebab dalam menghadapi suatu masalah harus dijaga agar jangan emosi dan amarah yang menguasai diri kita. –

Jangan menyelesaikan masalah seperti cara-cara yang duniawi. Sebab kebenaran yang kita cari adalah kebenaran Firman Tuhan, bukan kebenaran iblis. Kebenaran yang kita cari adalah kebenaran gereja, bukan kebenaran dunia. Dalam setiap masalah yang saya hadapi, saya selalu merasakan tuntunan Tuhan agar tidak menyelesaikan masalah dengan cara emosi dan amarah. Saya selalu merasakan bimbingan Tuhan untuk melihat dan memahami setiap permasalahan jauh ke depan, sehingga dalam setiap permasalahan dapat diselesaikan sesuai dengan kehendak Tuhan. –

Akan tetapi tidak semua orang melihat bahwa Ds. G.H.M. Siahaan terpilih sebagai Ephorus adalah semata-mata karena figur, kepribadian dan kepemimpinan nya yang layak dan baik menjadi teladan. Sebab segera setelah pemilihan Ephorus, beredar issu yang mengatakan bahwa ada rekayasa tertentu yang menjadikan Ds. G.H.M. Siahaan terpilih menjadi Ephorus. Issu itu juga dipahami oleh sebahagian besar anggota Majelis Pusat terpilih. Mereka merasa dan memahami bahwa terpilih nya Ds. G.H.M. Siahaan menjadi Ephorus adalah atas upaya seorang tokoh atau oknum tertentu. –

Apalagi dengan adanya masalah CORIA yang menyudutkan kepemimpinan Ds. Tunggul S. Sihombing, maka perhatian anggota Sinode Godang mengenai calon Ephorus semakin bulat tertuju kepada Ds. G.H.M. Siahaan. Seolah-olah masalah CORIA dimunculkan agar Ds. G.H.M. Siahaan mulus terpilih menjadi Ephorus. Sampai di mana kebenaran issu tersebut, hanya mereka yang menebarkan dan yang menaburkan issu itulah yang tahu yang sebenarnya.

Namun satu hal yang tidak dapat dipungkiri, bahwa kondisi pemilihan fungsionaris pada Sinode Godang 1974 itu terbawa-bawa dan dipelihara di lingkungan fungsionaris kepem1mpinan HKBP, seperti Ephorus, Sekretaris Jenderal, Majelis Pusat dan Praeses. Akibatnya, ada pihak-pihak tertentu yang merasa telah berhasil menaikkan Ds. G.H.M. Siahaan menjadi Ephorus HKBP. Artinya, Ds. G.H.M. Siahaan adalah seorang yang didudukkan sebagai Ephorus. Implikasi dari pemahaman itu adalah menganggap ke-Ephorus-an Ds. G.H.M. Siahaan hanya sebagai simbol saja. –

Lalu munculah suatu kekuatan di kalangan Majelis Pusat. Mayoritas anggota Majelis Pusat, termasuk Sekretaris Jenderal Pdt. Dr. Frans H. Sianipar membentuk diri sebagai satu kubu kekuatan untuk melahirkan kebijakan-kebijakan dan keputusan-keputusan rapat. Bahkan mereka sering mengadakan rapat Majelis Pusat, yang dipimpin langsung oleh Sekretaris Jenderal, tanpa diketahui oleh Ephorus atau hanya memberitahukannya menjelang rapat diadakan. Padahal, menurut Aturan dan Peraturan 1972- 1982, rapat Majelis Pusat diundang dan dipimpin oleh Ephorus HKBP. Sementara tugas Sekretaris Jenderal adalah mempersiapkan hal-hal yang dibutuhkan dalam rapat tersebut. –

Keadaan kepemimpinan HKBP di aras pusat diungkapkan Ompu i Ephorus Ds. G.H.M. Siahaan pada Barita Jujur Taon Laporan Pelayanan Tahunan kepada Sinode Godang, tanggal l-6 Agustus 1976. Ephorus menginformasikan kepada sidang Sinode Godang, bahwa banyak rapat-rapat Majelis Pusat yang tidak diketahuinya. Banyak keputusan dan kebijakan yang diputuskan rapat Majelis Pusat yang tidak dihadiri Ephorus, tetapi keputusan-keputusan yang telah ditetapkan harus ditanda-tangani nya sebagai Ephorus HKBP. Dalam hal itu. posisi Ephorus sering ditempatkan kepada posisi yang serba salah. Ditanda··tangani salah, dan bila tidak ditanda-tangani juga salah. Dengan alasan-alasan tersebut, Ompu i Ephorus Ds. G.H.M. Siahaan dengan tegas menyampaikan kepada Sinode Godang melalui Barita Jujur Taon. 1976, bahwa ada hamaolon- kemelut di dalam tubuh Majelis Pusat. –

Dalam Barita Jujur Taon itu Ds. G.H.M. Siahaan sebagai Ephorus menyatakan sikapnya yang tegas: "Ndang hulehon be diringku manguluhon rapot Parhalado Pusat, ia so adong hamubaon huida." - "Saya tidak akan bersedia lagi memimpin Rapat Majelis Pusat, bila tidak ada perubahan saya lihat. "(16)

Pernyataan Ephorus HKBP Ds. G.H.M. Siahaan ini benar-benar bagaikan sambaran petir di hari siang bolong. Sekalipun sudah banyak yang mengetahui adanya hubungan yang kurang baik dan kurang harmonis antara Ephorus dan Majelis Pusat, tetapi tidak seorang pun yang menduga bahwa Ds. G.H.M Siahaan selaku Ephorus HKBP akan menyatakan sikap keras seperti itu. –

Ketika salah seorang peserta Sinode Godang mengatakan bahwa Ephorus HKBP dalam laporannya telah menuduh dan mengadukan Majelis Pusat ke Sinode Godang seolah-olah bertindak tidak benar sesuai dengan prosedur yang berlaku di dalam Aturan dan Peraturan HKBP, Ds. G.H.M. Siahaan mengatakan:

"Ahu do na huaduhon tu Sinode Godang on, ndang Parhalado Pusat. Alani denggan ma ditimbangi sinode on naung pinasahat i." –

''Sayalah yang saya adukan kepada Sinode Godang ini, bukan Majelis Pusat. Baiklah apa yang telah saya sampaikan ini dipertimbangkan sinode ini." Ds. G.H.M. Siahaan kemudian mengatakan, agar Sinode Godang bebas memberi pertimbangan terhadap dirinya, maka sebaiknya bukan dia yang memimpin sidang.

---------------.
Fnote 16
Laporan umum- Barita Jujur Taon. Pinasahat ni Ompu i Ephorus HKBP Ds. G.H.M.  Siahaan tu Sinode Godang , 1- 6 Augstus 2976, hal 5-6 '
----------------.

Rade do ahu gabe sihataan di sinode on" - saya bersedia untuk dibicarakan di dalam sinode ini, kata Ds. G.H.M. Siahaan. Pernyataan Ds. G.H.M. Siahaan itu sempat membuat suasana Sinode Godang agak kacau. Kemudian alas pertanyaan peserta yang meminta penjelasan lebih lanjut, Ds. G.H.M. Siahaan membacakan Pernyataan, yang agaknya sudah dipersiapkan Ompu i sebelumnya, yang mengatakan sebagai berikut: "Ndang tarbahen ahu marrapot dohot Parhalado Pusat nuaeng. Nunga godang haputusan na so huboto. ]ala malo huuji mandok sidohononku tu nasida, alus nasida tu ahu ima: 'Unang gugai hamu antong haputusan ni Parhalado Pusat'. Alani ndang tarbahen ahu rap karejo dohot nasida. Tapiuit ma halak na asing gabe Eplwrus. Ai anggo ahu ndang na tarbahen ahu be marrapot dohot Parhalado Pusat." –

"Saya tidak bersedia lagi mengadakan rapat bersama Majelis Pusat. Sudah banyak keputusan yang tidak saya ketahui. Bila saya bertanya mengenai hal itu, mereka mengatakan agar jangan saya kacaukan keputusan Rapat Majelis Pusat. Oleh sebab itu saya tidak dapat lagi bekerja sama dengan Majelis Pusat. Marilah kita pilih Ephorus yang lain, sebab saya tidak dapat mengadakan rapat bersama Majelis Pusat. " (17)

Setelah selesai membacakan Pernyataan itu, Ds. G.H.M. Siahaan tiba-tiba turun dari meja pimpinan sidang dan mengambil tempat duduk di antara peserta Sinode Godang. Suasana Sinode Godang benar-benar chaos, ribut dan tidak ada yang mengendalikan. Peserta Sinode Godang benar-benar tidak dapat mengendalikan diri. Ada yang berteriak, ada yang tiba-tiba berkelompok berdiskusi. –

Pada salah sudut ruang sidang para Praeses juga berkumpul sambil berdiri. Rupanya mereka juga berdiskusi. Para Praeses itu sepakat harus diambil tindakan cepat untuk mengamankan situasi dan kondisi HKBP yang benar-benar sudah seperti telur di ujung tanduk itu.

----------.
Fnote-17:
Selengkapnya dapat dilihat di Laporan Umum – Barita Jujur Taon. Pinasahat ni Ompu i Ephorus HKBP Ds. G.H.M.  Siahaan tu Sinode Godang, 1-6 Agustus 1976
-----------.

Menurut Aturan dan Peraturan HKBP, apabila Ephorus berhalangan maka yang memimpin Sinode Godang sebagai penggantinya adalah Praeses yang tertua. Praeses inilah yang memimpin rapat lanjutan Sinode Godang. Di antara Praeses HKBP, yang tertua pada waktu itu adalah Pdt D.J. Simanjuntak, Praeses Distrik Tanah Alas. –

Rupanya itulah kesepakatan rapot jongjong - rapat yang dilakukan dengan cara berdiri - yang dilakukan para Praeses dalam situasi yang sangat darurat itu. Kemudian dengan agak ragu-ragu. Pdt. DJ. Simanjuntak maju ke meja pimpinan dan mengambil alih kepemimpinan atas kesepakatan para Praeses HKBP. Sebelum memimpin sidang, Pdt. D.J. Simanjuntak menyampaikan permohonannya: "Hamu angka dongan, tutu ahu do na tumua sian angka parropot di sinode on. Alai hudok ma tu hamu, nang pe ahu na tumua, poso ianggo pengalamanku mamimpin. A i on dope hea au gabe Praeses. Molo siat pangidoanku tu bila, adong nut nian sim1 tongatonganta do halak nari laho numgurupi ahu manguluhon rapot on. –

"Saudara-saudara, benar, sayalah peserta yang tertua di antara peserta sinode ini. Akan tetapi saya mengatakan secara jujur. walaupun saya yang tertua, namun pengalaman saya masih sedikit memimpin. Sebab baru periode ini saya n1enjadi Praeses. Kalau saudara-saudara berkenan, saya mohon ada dua orang lagi dari antara kita yang mendampingi saya memimpin sidang ini. ''

Permohonan Pdt. DJ. Simanjuntak itu disambut peserta sinode dengan positif. Dari hasil kemufakatan para Praeses dan juga didukung peserta Sinode Godang, maka ditunjuklah Pdt. RW. Napitupulu, Praeses Distrik Sumatera Timur dan Pdt L.J. Napitupulu, Praeses Distrik Toba untuk mendampingi Pdt. DJ. Simanjuntak, Praeses Distrik Tanah Alas dalam memimpin sidang Sinode yang sempat tertunda. –

Setelah mereka bertiga duduk di meja pimpinan, mereka sempat berdiskusi secara berbisik-bisik. Kemudian hasil diskusi mereka diumumkan kepada peserta. Untuk memperlancar sidang selanjutnya mereka meminta sidang diskors untuk sementara waktu dalam tempo satu jam. Pada saat sidang diskors, akan diadakan Rapat Praeses, setelah itu barulah sidang dimulai lagi. Pemberitahuan itu disetujui oleh peserta Sinode Godang, maka sidang pun diskors.

Setelah selesai masa skors sidang, dan demikian juga rapat Praeses telah selesai tanpa ada keputusan yang dapat disepakati, maka peserta Sinode Godang memasuki ruang sidang. Begitu sidang dibuka, seorang peserta, Pdt. S.P. Siregar, berdiri dan meminta berbicara. Setelah ia diizinkan oleh pimpinan sidang, ia mengatakan:

"Sepanjang yang saya kenai dari antara teman-teman Pendeta, tidak ada yang mempunyai kharisma dan wibawa seperti Ompu i Ephorus yang terhormat, Ds. GH.M Siahaan. Oleh karena itu, yang memimpin Sinode Godang ini dan yang memimpin HKBP saya usulkan agar tetap Ephorus Ds. G.H.M. Siahaan." Usul dan pendapat Pdt. S.P. Siregar itu didukung oleh pembicara berikutnya. Pembicara-pembicara selanjutnya mengusulkan hal yang sama. Semua pembicara tidak mau menerima pengunduran diri Ds. G.H.M. Siahaan dari jabatan Ephorus HKBP.

Atas usul dan pendapat peserta Sinode Godang itu, pimpinan sidang menetapkan: Sinode Godang tidak menerima pengunduran diri atau peletakan jabatan Ds. G.H.M. Siahaan dari jabatan Ephorus HKBP. Kemudian dengan penuh hormat, pimpinan sidang meminta agar Ompu i Ephorus Ds. G.H.M. Siahaan datang ke meja pimpinan untuk memimpin Sinode Godang HKBP. Undangan dan permohonan itupun diterima dan disanggupi oleh Ds. G.H.M. Siahaan.

Selama Sinode Godang, l-6Agustus 1976, Ds. G.H.M. Siahaan tidak merumuskan secara jelas dan konkrit apa yang dimaksud dengan hamaolon kemelut- tersebut. –

Walaupun sebenarnya sudah dipaparkan Ds. G.H.M. Siahaan, bahwa masalah itu adalah soal kinerja Ephorus yang kurang baik antara Majelis Pusat HKBP, namun umumnya peserta Sinode Godang belum mengetahui dengan pasti, mengapa akhirnya Ephorus menyatakan tidak bersedia lagi memimpin Rapat Majelis Pusat HKBP. Percakapan dan diskusi selama Sinode Godang, 1-6 Agustus 1976 itu hanya di sekitar apa yang dimaksud dengan hamaolon tersebut dan bagaimana mencari jalan keluar atas sikap yang sudah dinyatakan Ephorus terhadap rapat Majelis Pusat tersebut. –

Jadwal waktu Sinode Godang, 1-6 Agustus 1976 yang sarat dengan kemelut itu akhirnya habis. Keputusan yang diambil hanya tentang Majelis Pusat adalah: "Ndang be adong jolo rapot Parahalado Pusat dohot bagian-bagianna paima Sinode Godang na naeng ro." - Rapat Majelis Pusat dan bagian-bagiannya ditiadakan sampai Sinode Godang yang akan datang. Karena sebenarnya masih ada agenda sinode yang belum dibahas, sementara waktu Sinode Godang telah berakhir, maka Ephorus HKBP akhirnya menskors sidang Sinode Godang sampai ke Sinode Godang berikutnya.

Sinode lanjutan diadakan pada tangal 23-27 Januari 1978 yaitu sebagai Sinode Godang Istimewa HKBP. Tema Sinode Godang ini adalah "Haringgashon hamu ma mangaradoti hasadaon ni tondi pinadomu ni dame!" - "Berusahalah memelihara kesatuan Roh oleh ikatan damai sejahtera!" (Efesus 4:3a). –

Dari tema Sinode Godang yang ditetapkan Ephorus Ds. G.H.M. Siahaan ini sudah jelas kelihatan arah dan harapan yang diinginkan lahir dari Sinode Godang Istimewa itu. Tentunya, agar kemelut dalam tubuh dan kepemimpinan HKBP dapat diselesaikan melalui Sinode Godang Istimewa itu. Agenda Sinode Godang pun ditetapkan sesuai dengan prosedur pelaksanaannya melalui Aturan dan Peraturan HKBP. Ada dua pokok masalah yang harus diputuskan oleh Sinode Godang Istimewa itu. -
Pertama mengenai masalah Hamaolon di Parhalado Pusat dan kedua Masalah Fakultas Theologia Universitas HKBP Nommensen. Sebenarnya ada lagi masalah yang sangat alot dibicarakan selain kedua agenda tersebut, yaitu mengenai keabsahan credential peserta Sinode Godang Istimewa. (18)

-------------------.
Fnote-18
Masalah itu adalah mengenai credential peserta Sinode Godang dari utusan Ressort Kebayoran Baru Jakarta. Setelah diadakan beberapa kali rapat Ressort Kebayoran Baru, akhirnya ditetapkan Ds. P.M. Sihombing, MTh. sebagai urusan Sinode Godang dari HKBP Ressort Kebayoran Baru. Akan tetapi Pdt. P.W.T. Simanjuntak, Praeses HKBP Jawa- Kalimantan, tidak bersedia menanda-tangani surat credential peserta Sinode Godang untuk Ds. P.M. Sihombing, dengan alasan akan mengakibatkan masalah nantinya bagi Ressort Kebayoran Baru sendiri. Menurut Praeses tersebut. Tidak semua peserta rapat Ressot Kebayoran Baru setuju terhadap Ds. PM. Sihombing sebagai utusan Ressort Kebayoran Baru. Berhubung karena persoalan bukan lagi hanya di Ressort Kebayoran baru, tetapi sudah masalah credential peserta Sinode Godang, maka Ephorus menyetujui usul panitia seksi credential agar membicarakan hal tersebut di plena Sinode Godang. Keputusan akhirnya diambil dan disepakati bahwa Ds. P.M. Sihombing diterima sebagai peserta Sinode Godang utusan dari HKBP Ressort Kebayoran Baru.
--------------------.

Sesuai dengan tema Sinode godang Istimewa, 23-27 Januari 1978, Ephorus HKBP, Ds. G.H.M. Siahaan menyampaikan dalam khotbahnya agar sinode itu dapat mengambil keputusan berdasarkan "Haringgashon hamu ma mangaradoti hasadaon ni Tondi pinadomu ni dame - berusaha memelihara kesatuan Roh oleh ikatan damai sejahtera. Kesatuan Roh yang dimaksud bukanlah kesatuan dalam bentuk luar tetapi dalam bentukjiwa. Dapat saja terjadi perbedaan dan kepelbagaian, namun harus tetap sejiwa, satondi. –

Seperti di dalam suatu persekutuan, dapat saja terjadi perbedaan pendapat. Namun untuk mencapai damai sejahtera, setiap seorang atau masing-masing pihak harus dapat saling mengalah, rap pntalu rohana. Akan tetapi hasadaon ni tondi - kesatuan roh - yang dimaksud bukan berarti mengalah karena memang dikalahkan.


Kesatuan roh bukan berarti mengalah karena tidak mampu lagi berjuang untuk menang. Bukan juga berarti berpendapat, dari pada ada masalah, lebih baik mengalah saja. Akhirnya ditempuh lah kesatuan pendapat melalui kompromi, yang suatu ketika bila dimungkinkan, akan diperjuangkan lagi untuk memenangkan pendapatnya kembali, tanpa kompromi. Kesatuan roh bukanlah seperti itu. Sebab, orang-orang yang bersikap seperti itu akan merasakan ketidak-puasan, merasa dikalahkan, merasa dilecehkan dan merasa tidak dihargai. –

Akibatnya kebenaran tidak tercapai, damai sejahtera juga tidak mungkin terjadi. Kesatuan roh yang dimaksud memang sulit dicapai, karena harus mengabaikan berbagai kehendak roh-roh duniawi yang ada dalam kehidupan manusia. Kesatuan roh adalah atas kesatuan yang dikuasai Roh dari Allah. Oleh karena Roh Allah hanya satu, maka setiap orang yang dikuasai Roh Allah itu akan dapat bersatu. Itulah kesatuan roh yang dimaksud, yang dapat menciptakan damai sejahtera. (19)

-------------------------
Fnote 19-
Notulen Sinode Godang Isrimewa HKBP. Sipoholon, 23-27 Januari 1978, "Jamira Pembukaan Ephorus HKBP", hat 6-9.
------------------
Sesuai dengan agenda Sinode Godang Istimewa, yang didasarkan pada tema Sinode Godang istimewa dan dipandu oleh khotbah Ephorus HKBP, Ds. G.H.M. Siahaan, pembahasan tentang hamaolon – kemelut- di dalam tubuh Majelis Pusatpun dimulai dibicarakan. Atas pertanyaan beberapa peserta Sinode Godang Istimewa yang meminta lebih rinci apa sebenarnya hamaolon yang dimaksud, maka Ephorus Ds. G.H.M. Siahaan mengatakan:


"Taringot tu hamaolon, nanga disurathon intina di Barita Jujur Taon. manang tondina adong disi: lba na manguluhon !wria i gabe pangihut-ihut sian pudi. !sara ni supir, songon na adong do nibilala hagogoon mamboan tu na asing. Malo sada motor adong dua supir, ise na gumogo i ma na manontulwn aralzna. Ndang boi dua supir, ai ise na gumogo i ma na saut supir. Molo holan na manekken na ma ahu, ndarzg dumu i. I do umbahen na so boi rap mangula." (20)

Mengenai kemelut, sudah dilaporkan intinya di dalam lnformasi Pelayanan Tahunan. Atau jiwanya sudah ada dituliskan di sana:-

“Saya sebagai yang memimpin gcreja ini hanya sebagai pengikut dari belakang. Ibarat supir, saya merasakan ada semacam kekuatan yang hendak membawa ke jalan yang lain. Kalau dalam satu mobil ada dua supir, siapa yang terkuat itulah yang menentukan arah. Tidak boleh ada dua supir.Sebab siapa yang terkuat itulah yang menjadi supir yang sebenarnya. Kalau saya hanya untuk menanda-tangani keputusan, itu tidak benar. Itulah sebabnya tidak dapat bekerja sama."

Berdasarkan penjelasan Ephorus tersebut, salah seorang peserta Sinode Godang menyimpulkan bahwa hamaolon itu sebenarnya berada antara Ephorus, Sekretaris Jenderal dan Majelis Pusat. Dikatakan lagi bahwa sebenarnya Ephorus dan Sekretaris Jenderal tidak sarongkap - tidak dapat menjadi partner kerja, sehingga banyak kebijakan dan keputusan yang keluar dari Kantor Pusat HKBP, termasuk rapat Majelis Pusat, yang tidak diketahui Ephorus HKBP.
------------
Fnote 20
Ibid. hal. 28.
-----------
Hal itu dibantah Sekretaris Jenderal HKBP, yaitu Pdt. Dr. F. H. Sianipar. Menurut Sekretaris Jenderal, sesuai dengan Aturan dan Peraturan HKBP, yang memimpin Rapat Majelis Pusat adalah Ephorus HKBP. Hanya apabila Ephorus HKBP berhalangan, maka Sekretaris Jenderal lah yang memimpin nya. –

Namun di sanalah masalahnya. Karena menurut penjelasan Ephorus, sering jadwal rapat Majelis Pusat hanya secara tiba-tiba diketahuinya sehingga tidak dihadiri. Klimaks dari kondisi itulah yang menjadi penyebab sehingga Ephorus Ds. G.H.M. Siahaan mengatakan pada Sinode Godang pada tanggal 1-6 Agustus 1976: "Saya tidak bersedia lagi memimpin Rapat majelis Pusat. bila tidak ada perubahan."

Banyak tanggapan dan usul dari peserta sinode untuk menyelesaikan kemelut tersebut. Ada yang mengatakan supaya anggota Majelis Pusat di non-aktifkan sampai selesai periode, 1980. Ada yang mengatakan agar mereka dipecat saja dan diadakan pemilihan Majelis Pusat yang baru. Ada yang setuju dengan usul tcrsebut dengan menambahkan Majelis Pusat yang dipecat atau dinonaktifkan itu dapat dipilih kembali. Namun ada yang mengatakan tidak dapat dipilih kembali. Ada usul lain, Majelis Pusat dinonaktifkan saja, kemudian diangkat atau dipilih oleh Sinode Godang penggantinya berupa tim pembantu Ephorus.

Ketika semakin gencar memberikan tanggapan tentang apa dan mengapa ada hamaolon atau kemelut tersebut, akhirnya Ephorus Ds. G.H.M. Siahaan menyampaikan Pernyataan iman- Statement of Faith - yang sangat fundamental sesuai dengan isi pokok yang dipergumulkan Sinode Godang Istimewa tersebut. Kepada para anggota Sinode Godang, Ds. G.H.M. Siahaan mengatakan:

"Ra, mabalgahu dohononhu, na so sada tondi na manggomgomi ahu do hot Parhalado Pusat." “Barangkali, terlalu besar saya katakan, bahwa roh yang mendiami saya tidak satu dengan Majelis Pusat.“ (21)

Pernyataan Ephorus Ds. G.H.M. Siahaan ini benar-benar menggegerkan peserta Sinode Godang. Sekalipun Ds. G.H.M. Siahaan memulai kalimatnya dengan kata "Ra"- Barangkali, namun semua orang tahu apa arti 'ra' bagi Ompu i.

--------------------------
Fnote 21-" Ibid, hal 5J.
--------------------------/

Di kalangan Parhalado Pusat, ada anekdot. Tumingkos do 'ra' ni Ompu i sian hat a 'sasintongna' ni si Baluto. Artinya, adalah lcbih benar kata 'mungkin' Ompu i dari pada kata 'yang sebenarnya' yang sering diucapkan Baluto. –

Baluto adalah mantan anggota Majelis Pusat, nama aslinya St. B. Lumbantobing, tapi lebih terkenal dengan sebutan Baluto. Apabila berbicara atau mengutarakan pandangannya selalu didahului dengan Pernyataan: "Sasintongna, menurut historis recht ...

"Sedangkan bila Ompui Ephorus Ds. G.H.M. berbicara, selalu dimulai dengan kata: "Ra", mungkin, walaupun apa yang diutarakannya sebenarnya sudah merupakan kepastian. Dengan demikian bila Ds. G.H.M. Siahaan mengatakan, Ra pabalgahu dohonhu, na so sada tondi na manggomgomi ahu dohot Parhalado Pusat. adalah ungkapan yang sangat tegas, keras dan bermuatan makna teologis.

Melalui ungkapan tersebut, persoalan tentang hamaolon- kemelut itu sudah semakin terungkap dengan jelas. Dengan menyetir Pernyataan Ds. G.H.M. Siahaan itu, maka ada dua alasan yang sangat fundamental, mengapa Ds. G.H.M. Siahaan tidak bersedia lagi memimpin rapat Majelis Pusat.

Pertama secara organisasi, karena Majelis Pusat merupakan supir kedua dalam memimpin HKBP. Tentang keberadaan dua supir dalam satu mobil sudah dijelaskan sebelumnya. Boleh jadi yang menentukan arah perjalanan HKBP adalah supir kedua, karena mereka lebih kuat dari supir satu. Kedua, secara penghayatan iman, Ds. G.H.M. Siahaan memahami tidak berada di dalam satu roh yang sama dengan Majelis Pusat.

Kedua alasan ini berdampak kepada pemahaman iman, dan mengundang perdebatan teologis. Apakah memang ada beberapa roh? Apa yang dimaksud Ds. G.H.M. Siahaan, tidak satu roh yang mendiaminya dengan Majelis Pusat? –

Pada pasca Sinode Godang Istimewa itu, tidak urung Universitas HKBP Nommensen, yang kebetulan dari antara Dosen dan Pengurus Yayasan nya ada beberapa anggota Majelis Pusat, mengadakan seminar tentang Roh. Dengan topik "Roh dan Pelayanan dalam Gereja'' yang diadakan di Medan pada tanggal 4-8 April 1978. Pembicara atau nara sumber juga didominasi anggota Majelis Pusat yang ada di lingkungan Universitas tersebut, sehingga motif dan hasil seminar sudah dapat diduga. –

Reaksi terhadap hasil seminar itu juga muncul dari kelompok diskusi teologis para Pendeta yang melayani di Distrik Medan Aceh, bulan Juli 1979. Kelompok diskusi ini mencoba memberi penilaian terhadap ceramah dan hasil seminar tersebut sekaligus meluruskan penyataan Ds. G.H.M. Siahaan tentang 'tidak satu roh yang mendiami Ephorus dan Majelis Pusat' tersebut. (22)


Agenda kedua yang dibicarakan pada Sinode Godang Istimewa, 23- 27 Januari 1978 itu adalah tentang masalah Fakultas Theologia. Sepanjang tahun 1976, HKBP memang mengalami badai kemelut yang sangat dahsyat. Kondisi kinerja antara Ephorus dan Majelis Pusat sangat mempengaruhi kinerja pelayanan di setiap sektor, Resort, Distrik, Lembaga dan Department. –

Namun demikian masalah yang dihadapi Ephorus di dalam rapat Majelis Pusat tidak ada hubungannya secara langsung dengan masalah Fakultas Theologia Universitas HKBP Nommensen.-

Setelah mahasiswa Fakultas Theologia ke luar dari kampus, Ephorus HIKBP, Ds. G.H.M. Siahaan turun dari Pearaja. Berhubung karena mahasiswa yang keluar dari kampus itu terdiri dari berbagai gereja, seperti HKBP, GKPI, HKI, GKPS, GBKP. BNKP, Methodist, maka dengan bijaksana Ds. G.H.M Siahaan

------------------.
Fnote 22 :
22- Pemahaman teologis tentang ungkapan Ds, G.H.M. Siahaan "Kesatuan Roh" akan diutarakan pada hagian akhir buku ini.
23-"'Ketua Seksi Sejarah Panitia Jubileum 125 Tahun HKBP, Pdt. Dr. J.R. Hutauruk menuliskan: "Kemelut di bidang kepemimpinan ltu ada akibatnya dengan kerukunan dalam Yayasan HKBP. Terutama dengan yayasan Universitas HKBP Nommensen, terbukti dengan kasus yang tjmbul di Fakultas Theologi di Pematang Siantar, yang mana dimulai dengan keresahan di antara mahasiswa pada bulan September 1976, satu bulan setelah Sinode Agung. 1·6 Agustus 1976." (J.R. Hutauruk (ed), Tuhan menyertai UmatNya (Pearaja·Tarulung: Kamor Pusat HKBP, 1986) hal. 130. Pernyataan ini tidak benar. Kemelut di Fakultas Theologia terjadi bukan setelah Sinode Godang, langga1 1-6 Agustus 1976. Kemelut itu sudah dimulai sejak bulan Maret 1976. Keresahan mahasiswa ketika itu adalah karena sikap arogansi dan otoriter Dekan Dr. P. Sormin dan beberapa dosen anggota Majelis Pusat Mungkin arogansi itu ada hubungannya dengan dominasi mereka di tingkat pusat HKBP. Ketika itu, di kalangan mahasiswa ada gerakan tulup mulut. ada mata-mata dosen yang disebut sebagai tivi lapangan. Keresahan itu akhirnya menjadi suatu gerakan perlawanan dalam bentuk aksi mogok kuliah, yang dipicu o1eh keputusan Rapat Senat Dosen memecat Mori Sihombing. Ketika itu menjabat sebagai Ketua senat mahasiswa hanya Karena keterlambatan menyerahkan tugas dalam salah satu mata kuliah. Melalui aksi mogok kuliah tersebut disampaikanlah beberapa tuntutan untuk memperbaiki kehidupan ber asrama dan kampus, termasuk menganulir keputusan tentang Mori Sihombing. Oleh Karena tuntutan tersebut tidak ditanggapi, maka aksi mogok kuliah berlanjut menjadi aksi mogok ujian semester, yang seyogianya dilakukan bulan Mei 1976. Setelah Sinode Godang, 1-6 Augustus 1976, keadaan memang semakin kisruh dan kusut. Atas pengaduan dekan fakultas Theologia, yang di rekomendasikan oleh Dr. TD. Pardede, maka pengurus Senat Mahasiswa berjumlah 22 orang ditahan dan di interogasi oleh Kodim, 122 Pantai Timur Simalungun. Alasan penahanan adalah tuduhan Dekan bahwa mahasiswa tersebut telah terindikasi kuat dipengaruhi ajaran komunisme. Sebutan Komunis apalagi ajarannya, pada waktu itu sangat peka dan merupakan momok yang menakutkan di republik · Surat pengaduan Dekan yang direkomendasi Rektor itu diketahui penulis dari Kapten J. Ginting yang menginterogasi penulis ketika itu. Penahanan itu berlangsung selama 12 hari. Setelah dibebaskan mahasiswa kembali ke kampus. Akan tetapi besok harinya Dekan Fakultas Theologia, mengeluarkan surat pemecatan terhadap ke 22 orang mahasiswa tersebut dan harus meninggalkan asrama dan kampus dalam tempo 1 x 24 jam.
Dalam keadaan haru ke 22 orang mahasiswa itu harus meninggalkan asramanya dan keluar dari kampus. Akan tetapi Karena rasa solidaritas mahasiswa sangat tinggi pada waktu itu, mahasiswa yang lain turut keluar dari kampus. Dari jumlah 250 lebih mahasiswa, hanya 11 orang tinggal di dalam dan tidak mau keluar. Peristiwa itu disikapi masyarakat dan jemaat jemaat yang ada di kota Siantar denga haru.
Banyak keluarga yang dating ke kampus untuk menjemput dan mengundang mahasiswa, walaupun tidak ada hubungan keluarga dan tidak saling mengenal, agar mahasiswa mondok di rumahnya. Para anag beca mesin juga datang berbaris baris, siap membantu menghantarkan mahasiswa ke tempat tujuan tanpa bayar. Minggu berikutnya hamper Semua jemaat dari berbagai denominasi yag ada di Siantar memberitahukan melalui warta jemaat, agar anggota jemaat bersedia menampung mahasiswa yang keluar, ber eksodus, dari kampus itu. Itulah yang terjadi bulan September 1976.
-----------------------------------------------.

mendadak mengadakan perkunjungan kepada pimpinan pimpinan gereja tersebut. TeRohosan yang dilakukan Ds. G.H.M. Siahaan ternyata bukan hanya membicarakan masalah mahasiswa Fakultas Theologia, tetapi sekaligus mencairkan hubungan antara Pucuk Pimpinan HKBP dengan Pucuk Pimpinan Gereja-gereja yang ada di Sumatera Utara, yang selama itu terkesan kaku, dingin dan tanpa kontak komunikasi. Jadi ada blessing in disguise di sana. Sebab sejak itu, hubungan dan kerjasama antar Gereja se-Sumatra Utara semakin terjalin dengan baik.
Atas kesepakatan para Pucuk Pimpinan Gereja-gereja Sumatera Utara, dilaksanakan program lanjutan pendidikan teologi dan penggembalaan kepada mahasiswa yang keluar dari Fakultas Theologia Universitas HKBP Nommensen. –

Program itu disebut Penggembalaan Mahasiswa Theologia Gereja-gereja Sumatera Utara (PMTGSU). Penanggung-jawab pelaksanaan program itu adalah Ephorus HKBP, Ds. G.H.M. Siahaan. Sedangkan pelaksana penggembalaan dan pendidikan adalah beberapa dosen Fakultas Theologia yang akhirnya menyatakan diri bergabung dengan mahasiswanya dan dibantu oleh tenaga-tenaga yang berpendidikan dari GKPI, HKI dan gereja-gereja lainnya. Tempat perkuliahan diadakan di Gedung Hermon Departemen Zending, Kantor Pusat GKPI dan Gedung Serba Guna HKL Program PMTGSU adalah sementara, menunggu keputusan Sinode Godang HKBP, sebagai lembaga tertinggi dalam pengambilan keputusan di HKBP. Itulah yang dibicarakan dalam salah satu agenda Sinode Godang Istimewa, tanggal 23-27 Januari 1978. –


Keputusan Sinode Godang Istimewa tanggal Januari 1978 adalah: Pertama, Rapat Majelis Pusat HKBP dan bagian-bagiannya serta kegiatannya ditiadakan sampai Sinode Godang 1980, tetapi keanggotaannya tetap sebagai anggota Sinode Godang. Kemudian dibentuk Tim Pembantu Ephorus HKBP sampai Sinode Godang 1980. Kedua, agar Ephorus HKBP menyatukan kedua pendidikan teologi, Fakultas Thelogia dan PMTGSU dengan tempat dan nama· baru. Sinode juga menetapkan agar Ephorus dan Tim Pembantu Ephorus membentuk satu tim untuk menerima Fakultas Theologia kepada Yayasan Universitas HKBP Nommensen agar dapat disatukan dengan PMTGSU. Langkah awal yang dilakukan Ephorus HKBP untuk merealisasikan keputusan Sinode Godang itu adalah mendirikan Sekolah Tinggi Theologia HKBP dengan cikal-bakal PMTGSU, yang diresmikan pada tanggal 12 April 1978. ibadah peresmiannya diadakan di HKBP Tomuan Pematangsiantar, yang langsung dipimpin oleh Ephorus HKBP, Ds.G.H.M. Siahaan.