1.3.11. Terpilih Menjadi Ompu i Ephorus
Terpilihnya Ds.
Gustav Siahaan menjadi Ephorus HKBP, pada Sinode Godang bulan Juli 1974, untuk
menggantikan Ds. Tunggul Somuntul Sihombing sebenarnya sudah diduga jauh
sebelumnya. -
Figur, kepribadian
dan gaya hidup Ds. Gustav Siahaan sangat disukai oleh banyak pendeta HKBP. Ia
akrab dan dekat dengan para pendeta. Ia tidak birokratis. Ia selalu memahami
dan menyelesaikan berbagai masalah pendeta secara kekeluargaan, sekalipun
masalah itu berhubungan langsung dengan kepemimpinan Pendeta di Ressort
pelayanannya. Ia benar-benar menerapkan parhahamaranggion - persaudaraan, yang
merupakan motto pendeta HKBP untuk menjalin sisada tohonan - satu tahbisan dalam
kependetaan. Dengan demikian, figur Ds. Gustav Siahaan sangat dikagumi dan
dihormati di kalangan pendeta dan pelayan lainnya di HKBP.
Oleh karena itu,
pergantian kepemimpinan Ephorus dari Ds. Tunggul S. Sihombing kepada Ds. Gustav
Siahaan adalah merupakan proses estafet. Sebab agaknya tidak ada figur lain
yang cocok dan yang layak menjadi Ephorus HKBP untuk menggantikan Ds. Tunggul
S. Sihombing selain Ds. Gustav Siahaan. Apalagi di kalangan pendeta HKBP sudah
banyak melihat bahwa kepemimpinan dan pelayanan Ds. Tunggul S. Sihombing selalu
dibayang-bayangi Ds. Gustav Siahaan. Hal itu juga diakui oleh Ds. Gustav
Siahaan. –
Pada perayaan
jubileum 25 tahun kependetaannya, 24 Oktober 1968, Ds. Gustav Siahaan
menyampaikan terima kasih kepada orang-orang yang membantu dia dalam pelayanan,
termasuk Ds. Tunggul S. Sihombing, yang ketika itu menjabat sebagai Ephorus
HKBP. Ia mengatakan:
"Mauliate do
dohononnami tu sude dongan saulaon na godang rap mangula dohot hami, songon
angka amanta Parhalado Pusat, amanta Praeses, angka Ketua-ketua Seksi; siala
boi kerja sama na denggan dohot iba. Tarlobi dohot Ompu i, Ephorus ni Hurianta,
mauliate ma hudok, na tongtong dongannami mangula di angka tingki parungkilon
dohot las ni roha. Ndada holan na saperiode on, nang andorang di Nommensen pe.
Jotjot do nasida na huganti di ulaon. Nasida dona huganti di Sipirok. Nasida
dona huganti di Medan. Nasida dona huganti di Nommensen di sabagian ulaon
nasida hian. Nasida do nang na huganti sebagai Sekretaris Jenderal. Jadi sian
na niula nasida godang dona huguruhon, ala sai nasida di jolongku."
-[Terima kasih saya
ucapkan kepada semua kawan sekerja, yang banyak bekerja sama dengan kami,
seperti para Majelis Pusat, Praeses, Ketua-ketua Seksi, karena dapat bekerja
sama dengan baik bersama kami. Terlebih kepada Ompu i Ephorus gereja kita, yang
selalu menjadi kawan sekerja kami pada masa-masa sulit dan mas a sukacita.
Bukan hanya dalam periode ini saja, tetapi juga ketika kami sama-sama di
Nommensen. Saya yang selalu menggantikan jabatannya. Beliaulah yang saya
gantikan di Sipirok. Beliau juga yang saya ganti di Medan. Sebagian dari
jabatan beliau juga saya gantikan di Nommensen. Dan, beliaulah yang saya ganti
sebagai Sekretaris Jenderal]
Ucapan itu
disampaikan Ds. Gustav Siahaan pada tahun 1968, di tengah perayaan 25 tahun
kependetaan nya, di mana Ds. Tunggul S. Sihombing hadir dan mendengamya. –
Apa yang dikatakan
Ds. Gustav Siahaan adalah suatu realita, sesuai dengan fakta dan pengalamannya.
Bila kemudian ia terpilih menjadi Ephorus HKBP untuk menggantikan Ds. Tunggul
S. Sihombing, maka ucapan itu sudah merupakan suatu nubuatan. Estafet
kepemimpinan antara Ds. Tunggul S. Sihombing dengan Ds. Gustav Siahaan mungkin
saja secara kebetulan. Namun kenyataan tersebut turut mempengaruhi pemikiran
peserta Sinode Godang, khususnya dari kalangan pendeta untuk memilih Ds. Gustav
Siahaan sebagai Ephorus HKBP. Artinya, bahwa setelah Ds. Tunggul S. Sihombing,
maka pada gilirannya Ds. Gustav Siahaan lah yang akan menjadi Ephorus HKBP.
Kenyataan itulah yang terjadi pada Sinode Godang bulan Juli 1974.
Setelah Ds. Gustav
Siahaan menjadi Ephorus, maka namanya selalu ditulis dan dicantumkan secara
lengkap yaitu Ds. G.H.M. Siahaan. Kita tidak sempat tahu, mengapa sebelum
Ephorus namanya selalu ditulis dengan Ds. G. Siahaan atau kadang-kadang Ds.
Gustav Siahaan. dan mengapa setelah Ephorus namanya ditulis secara lengkap
menjadi Ds. G.H.M. Siahaan. Nama Ds. G.H.M. Siahaan akhirnya memiliki bobot
tersendiri, yang memiliki wibawa di mata orang yang membacanya, terlebih di
kalangan Pendeta HKBP. Kebesaran nama Ds. G.H.M. Siahaan seolah-olah dapat
menjadi representasi kehadiran HKBP.
Dalam merenungkan
perjalanan dan pengalaman kebersamaan: dengan Tuhan, pada ulang tahun tahbisan
kependetaan nya. Ds. G.H.M. Siahaan mengatakan
dan menuliskan:
"Di na
hubilangbilangi angka na masa tu diringku, tarsingo' do rohangku tu ayat na
mandok: 'Ida ma naposongki, 1w hutogu, na hupuuit i, hasudungan ni rohangku'
(Jes 42:1) Nian hata panurirangion taringot tu Naposo na sin tong i, Mesias i.
do on. Alai hira na tu iba do nibilala pandohan i. Na ditogu Tuhan i do ahu
hubilala. Hubilala, anggo Tuhan i nunga tibu paradchml ahu tu ulaon on.
Andorang poso dope ahu, nunga somal huida angka Pangula ni Huria dohot angka na
masa di Huria. ala Guru Sending Amanta. Ala di inganan ni Pandita dohot Pandita
sian baribaAmanta ditempathon, gabe somal niida nang Pandita do hot
pangulaonna. Godang situtu do lapatan ni on hubilala di pangulaonku dung gabe
Pandita. Nang na sanga guru i iba satongkin. Tong do songon panogunoguon ni
Tuhan i do on di iba dompak ulaon di huria. Ai di tingki i do niguruhon marsaor
tu angka na tuatua, tu angka Guru Sending, tu angka Pandita. Niihutan do sipata
pandita tu pagaran, suang songon i Parguruende N aposobulung malo laho
mardalani manopot huria. Ndang adong hian hupingkir na ingkon sahat tu iba
angka ulaon na songon i balga di Huria. Na tinogu ni Tuhan i do iba tusi. Hira
na songon pangke rene ana do niida panogunoguonNa i. Ndang songgot, alai naek
sasatangga.
Marguna do hubilala na tu Sipirok i iba
parjolo Pandita. Dilatih do iba di bagasan hapogoson. Dilatih mandalani angka
dalan na maol. Ndada holan latihan tu pamatang i, alai laos latihan do i tu
ngol u partondion. Di Sibolga dilatih do iba mangula ulaon na gooang, alai
dipalas huhut rohaniba marhite angka holong ni roha ni dongan. Di Medan,
niangkupan do halak na marragam. ungkupan do angka halak na malo. hadapan angka
perkembangan, hadapan nang angka persoalan. Ndang pola godang di iba hamaloon.
Roha dohot pingkiran na bulus-bulus do. Alai nang pe songon i sai ditungkoli
Tuhan do iba di angka ulaon. Di Pematangsiantar, godang do angka pingkiran do
hot na masa tu pandita niadopan. Laos dohot do iba mangadopi do hot mangula
angka na ringkot di tonga-tonga ni huria i. Asa ndang holan na dilatih manang
diparade Tuhan i iba. Na tinogu-toguNa do iba tu ulaon i, asa unang marmara.
Ndada holan di ngolu pardagingon pannaraan
siboluson, nang tu tohonanniba pe godang do pannaraan. Sijagahononhon do, asa
unang mangoloi sibuk dohot mudar tu mohop ni ateate di angka paraloan. Jala
ndang boi cara ni portibi on tiruon laho mangadopi angka paraloan. Ai
hamonangan situluanta ima hamonangan ni Hata ni Debata do, ndada hamonangan ni
hata ni sibolis. Hamonangan ni huria do, ndada hamonangan ni portibi. Di angka
paraloan na masa na niadopan, jotjot do ditait Debata iba ni bilala sian mohop
ni ateate. Asa ndang be mohop ni roha na manghata i. Ditogu-togu Debata do iba
nibilala mangantusi angka na masa di bagasan panatapan tu jolo, asa hombar tu
lomo ni roha ni Debata jumpang di ganup na masa dihuria i.
-- "Ketika saya
merenungkan berbagai peristiwa yang saya alami, saya teringat nats Firman Tuhan
yang mengatakan: 'Lihat, itu hambaKu yang ku pegang, orang pilihan ku, yang
kepadanya Aku berkenan' (Yes 42: Ia). Memang nats ini adalah suatu nubuatan
tentang Hamba yang benar itu, yaitu Mesias. Akan tetapi saya memahami dan
merasakan bahwa nats tersebut juga ditujukan kepada diri saya. –
Sebab saya merasakan,
Tuhanlah yang memegang dan membimbing saya dalam setiap peristiwa dan
pengalaman hidup yang saya lalui. Saya merasa, sejak lama Tuhan telah
mempersiapkan saya untuk menjadi pelayanNya. Ketika saya masih muda, saya sudah
mengenal kehidupan pendeta dan berbagai pelayanan jemaat. –
Hal itu dapat terjadi
karena orang tua saya adalah seorang Guru Zending. Berhubung karena orang tua
saya selalu dekat dengan kehidupan pendeta, baik pendeta pribumi maupun pendeta
misionar, maka saya juga banyak mengenal pelayanan dan perilaku kehidupan
pendeta. Pengalaman-pengalaman tersebut sangat berguna bagi saya setelah
menjadi pendeta. –
Demikian juga ketika
saya pernah menjadi guru di sekolah, walaupun hanya sebentar.
Pengalaman-pengalaman itu saya pahami sebagai bentuk persiapan dari Tuhan untuk
kelak menjadi pelayan-Nya. Sebab ketika sebagai guru itu, saya banyak bergaul
dan berkomunikasi dengan orang tua, Guru Zending, dan juga kepada para pendeta.
–
Ketika itu, saya
turut menyertai pendeta dalam perkunjungan ke jemaatnya. Saya juga turut serta
dengan pemuda-pemudi gereja yang mengadakan perkunjungan ke jemaat. Saya tidak
pernah berpikir sebelumnya, bahwa Tuhan akan memberikan pekerjaan yang begitu
besar bagi saya di dalam gereja-Nya. Tuhanlah yang semata-mata mempersiapkan
saya ke dalam pelayanan ini. Saya melihat bahwa Tuhan mempersiapkan saya sesuai
dengan rencana-Nya. Memang, jabatan pelayanan yang saya terima tidak secara
tiba-tiba, tetapi jabatan yang saya emban naik tahap demi tahap.” ---
Pengalaman pertama
sebagai pendeta di Sipirok sangat bermanfaat bagi saya. Di sana saya dilatih
untuk dapat hidup dalam kemiskinan. Dilatih juga untuk dapat melakukan
perkunjungan jemaat melalui jalan-jalan darurat yang sangat sulit dilalui.
Pengalaman itu merupakan latihan jasmani dan rohani. Saya juga dilatih dalam
berbagai hal ketika saya melayani di Sibolga. –
Ketika itu, tugas
pelayanan sangat banyak, namun saya terhibur oleh dukungan orang-orang yang
mengasihi saya. Ketika melayani di Medan, saya menghadapi berbagai tipe
manusia. Saya harus menghadapi para cendekiawan, menghadapi perkembangan zaman,
dan menghadapi berbagai persoalan jemaat. Memang saya tidak memiliki banyak
pengetahuan. –
Tetapi saya selalu
bersikap jujur, bersahaja dan apa adanya saja. Namun demikian, Tuhan selalu
menopang saya di dalam setiap pelayanan. Ketika saya melayani di
Pematangsiantar. saya banyak menghadapi permasalahan yang dihadapi pendeta.
Saya juga ikut serta dalam menyesuaikan berbagai masalah jemaat. Oleh karena
itu Tuhan tidak hanya melatih dan mempersiapkan saya. tetapi juga menjaga dan
membimbing saya, sehingga saya tidak jatuh ke dalam marabahaya.
Permasalahan yang
saya hadapi bukan hanya ancaman Terhadap kehidupan jasmani tetapi juga ancaman
terhadap tohonan, tahbisan pendeta. Sebab dalam menghadapi suatu masalah harus
dijaga agar jangan emosi dan amarah yang menguasai diri kita. –
Jangan menyelesaikan
masalah seperti cara-cara yang duniawi. Sebab kebenaran yang kita cari adalah
kebenaran Firman Tuhan, bukan kebenaran iblis. Kebenaran yang kita cari adalah
kebenaran gereja, bukan kebenaran dunia. Dalam setiap masalah yang saya hadapi,
saya selalu merasakan tuntunan Tuhan agar tidak menyelesaikan masalah dengan
cara emosi dan amarah. Saya selalu merasakan bimbingan Tuhan untuk melihat dan
memahami setiap permasalahan jauh ke depan, sehingga dalam setiap permasalahan
dapat diselesaikan sesuai dengan kehendak Tuhan. –
Akan tetapi tidak
semua orang melihat bahwa Ds. G.H.M. Siahaan terpilih sebagai Ephorus adalah
semata-mata karena figur, kepribadian dan kepemimpinan nya yang layak dan baik
menjadi teladan. Sebab segera setelah pemilihan Ephorus, beredar issu yang
mengatakan bahwa ada rekayasa tertentu yang menjadikan Ds. G.H.M. Siahaan
terpilih menjadi Ephorus. Issu itu juga dipahami oleh sebahagian besar anggota
Majelis Pusat terpilih. Mereka merasa dan memahami bahwa terpilih nya Ds.
G.H.M. Siahaan menjadi Ephorus adalah atas upaya seorang tokoh atau oknum
tertentu. –
Apalagi dengan adanya
masalah CORIA yang menyudutkan kepemimpinan Ds. Tunggul S. Sihombing, maka
perhatian anggota Sinode Godang mengenai calon Ephorus semakin bulat tertuju
kepada Ds. G.H.M. Siahaan. Seolah-olah masalah CORIA dimunculkan agar Ds.
G.H.M. Siahaan mulus terpilih menjadi Ephorus. Sampai di mana kebenaran issu
tersebut, hanya mereka yang menebarkan dan yang menaburkan issu itulah yang
tahu yang sebenarnya.
Namun satu hal yang
tidak dapat dipungkiri, bahwa kondisi pemilihan fungsionaris pada Sinode Godang
1974 itu terbawa-bawa dan dipelihara di lingkungan fungsionaris kepem1mpinan
HKBP, seperti Ephorus, Sekretaris Jenderal, Majelis Pusat dan Praeses. Akibatnya,
ada pihak-pihak tertentu yang merasa telah berhasil menaikkan Ds. G.H.M.
Siahaan menjadi Ephorus HKBP. Artinya, Ds. G.H.M. Siahaan adalah seorang yang
didudukkan sebagai Ephorus. Implikasi dari pemahaman itu adalah menganggap
ke-Ephorus-an Ds. G.H.M. Siahaan hanya sebagai simbol saja. –
Lalu munculah suatu
kekuatan di kalangan Majelis Pusat. Mayoritas anggota Majelis Pusat, termasuk
Sekretaris Jenderal Pdt. Dr. Frans H. Sianipar membentuk diri sebagai satu kubu
kekuatan untuk melahirkan kebijakan-kebijakan dan keputusan-keputusan rapat.
Bahkan mereka sering mengadakan rapat Majelis Pusat, yang dipimpin langsung
oleh Sekretaris Jenderal, tanpa diketahui oleh Ephorus atau hanya
memberitahukannya menjelang rapat diadakan. Padahal, menurut Aturan dan Peraturan
1972- 1982, rapat Majelis Pusat diundang dan dipimpin oleh Ephorus HKBP.
Sementara tugas Sekretaris Jenderal adalah mempersiapkan hal-hal yang
dibutuhkan dalam rapat tersebut. –
Keadaan kepemimpinan
HKBP di aras pusat diungkapkan Ompu i Ephorus Ds. G.H.M. Siahaan pada Barita
Jujur Taon Laporan Pelayanan Tahunan kepada Sinode Godang, tanggal l-6 Agustus
1976. Ephorus menginformasikan kepada sidang Sinode Godang, bahwa banyak
rapat-rapat Majelis Pusat yang tidak diketahuinya. Banyak keputusan dan kebijakan
yang diputuskan rapat Majelis Pusat yang tidak dihadiri Ephorus, tetapi
keputusan-keputusan yang telah ditetapkan harus ditanda-tangani nya sebagai
Ephorus HKBP. Dalam hal itu. posisi Ephorus sering ditempatkan kepada posisi
yang serba salah. Ditanda··tangani salah, dan bila tidak ditanda-tangani juga
salah. Dengan alasan-alasan tersebut, Ompu i Ephorus Ds. G.H.M. Siahaan dengan
tegas menyampaikan kepada Sinode Godang melalui Barita Jujur Taon. 1976, bahwa
ada hamaolon- kemelut di dalam tubuh Majelis Pusat. –
Dalam Barita Jujur
Taon itu Ds. G.H.M. Siahaan sebagai Ephorus menyatakan sikapnya yang tegas:
"Ndang hulehon be diringku manguluhon rapot Parhalado Pusat, ia so adong
hamubaon huida." - "Saya tidak akan bersedia lagi memimpin Rapat
Majelis Pusat, bila tidak ada perubahan saya lihat. "(16)
Pernyataan Ephorus
HKBP Ds. G.H.M. Siahaan ini benar-benar bagaikan sambaran petir di hari siang
bolong. Sekalipun sudah banyak yang mengetahui adanya hubungan yang kurang baik
dan kurang harmonis antara Ephorus dan Majelis Pusat, tetapi tidak seorang pun
yang menduga bahwa Ds. G.H.M Siahaan selaku Ephorus HKBP akan menyatakan sikap
keras seperti itu. –
Ketika salah seorang
peserta Sinode Godang mengatakan bahwa Ephorus HKBP dalam laporannya telah
menuduh dan mengadukan Majelis Pusat ke Sinode Godang seolah-olah bertindak
tidak benar sesuai dengan prosedur yang berlaku di dalam Aturan dan Peraturan
HKBP, Ds. G.H.M. Siahaan mengatakan:
"Ahu do na
huaduhon tu Sinode Godang on, ndang Parhalado Pusat. Alani denggan ma
ditimbangi sinode on naung pinasahat i." –
''Sayalah yang saya
adukan kepada Sinode Godang ini, bukan Majelis Pusat. Baiklah apa yang telah
saya sampaikan ini dipertimbangkan sinode ini." Ds. G.H.M. Siahaan
kemudian mengatakan, agar Sinode Godang bebas memberi pertimbangan terhadap
dirinya, maka sebaiknya bukan dia yang memimpin sidang.
---------------.
Fnote 16
Laporan umum- Barita
Jujur Taon. Pinasahat ni Ompu i Ephorus HKBP Ds. G.H.M. Siahaan tu Sinode Godang , 1- 6 Augstus 2976,
hal 5-6 '
----------------.
Rade do ahu gabe
sihataan di sinode on" - saya bersedia untuk dibicarakan di dalam sinode
ini, kata Ds. G.H.M. Siahaan. Pernyataan Ds. G.H.M. Siahaan itu sempat membuat
suasana Sinode Godang agak kacau. Kemudian alas pertanyaan peserta yang meminta
penjelasan lebih lanjut, Ds. G.H.M. Siahaan membacakan Pernyataan, yang agaknya
sudah dipersiapkan Ompu i sebelumnya, yang mengatakan sebagai berikut:
"Ndang tarbahen ahu marrapot dohot Parhalado Pusat nuaeng. Nunga godang
haputusan na so huboto. ]ala malo huuji mandok sidohononku tu nasida, alus
nasida tu ahu ima: 'Unang gugai hamu antong haputusan ni Parhalado Pusat'.
Alani ndang tarbahen ahu rap karejo dohot nasida. Tapiuit ma halak na asing
gabe Eplwrus. Ai anggo ahu ndang na tarbahen ahu be marrapot dohot Parhalado
Pusat." –
"Saya tidak
bersedia lagi mengadakan rapat bersama Majelis Pusat. Sudah banyak keputusan
yang tidak saya ketahui. Bila saya bertanya mengenai hal itu, mereka mengatakan
agar jangan saya kacaukan keputusan Rapat Majelis Pusat. Oleh sebab itu saya
tidak dapat lagi bekerja sama dengan Majelis Pusat. Marilah kita pilih Ephorus
yang lain, sebab saya tidak dapat mengadakan rapat bersama Majelis Pusat.
" (17)
Setelah selesai
membacakan Pernyataan itu, Ds. G.H.M. Siahaan tiba-tiba turun dari meja
pimpinan sidang dan mengambil tempat duduk di antara peserta Sinode Godang.
Suasana Sinode Godang benar-benar chaos, ribut dan tidak ada yang
mengendalikan. Peserta Sinode Godang benar-benar tidak dapat mengendalikan
diri. Ada yang berteriak, ada yang tiba-tiba berkelompok berdiskusi. –
Pada salah sudut
ruang sidang para Praeses juga berkumpul sambil berdiri. Rupanya mereka juga
berdiskusi. Para Praeses itu sepakat harus diambil tindakan cepat untuk
mengamankan situasi dan kondisi HKBP yang benar-benar sudah seperti telur di
ujung tanduk itu.
----------.
Fnote-17:
Selengkapnya dapat
dilihat di Laporan Umum – Barita Jujur Taon. Pinasahat ni Ompu i Ephorus HKBP
Ds. G.H.M. Siahaan tu Sinode Godang, 1-6
Agustus 1976
-----------.
Menurut Aturan dan
Peraturan HKBP, apabila Ephorus berhalangan maka yang memimpin Sinode Godang
sebagai penggantinya adalah Praeses yang tertua. Praeses inilah yang memimpin
rapat lanjutan Sinode Godang. Di antara Praeses HKBP, yang tertua pada waktu
itu adalah Pdt D.J. Simanjuntak, Praeses Distrik Tanah Alas. –
Rupanya itulah
kesepakatan rapot jongjong - rapat yang dilakukan dengan cara berdiri - yang
dilakukan para Praeses dalam situasi yang sangat darurat itu. Kemudian dengan
agak ragu-ragu. Pdt. DJ. Simanjuntak maju ke meja pimpinan dan mengambil alih
kepemimpinan atas kesepakatan para Praeses HKBP. Sebelum memimpin sidang, Pdt.
D.J. Simanjuntak menyampaikan permohonannya: "Hamu angka dongan, tutu ahu
do na tumua sian angka parropot di sinode on. Alai hudok ma tu hamu, nang pe
ahu na tumua, poso ianggo pengalamanku mamimpin. A i on dope hea au gabe
Praeses. Molo siat pangidoanku tu bila, adong nut nian sim1 tongatonganta do
halak nari laho numgurupi ahu manguluhon rapot on. –
"Saudara-saudara,
benar, sayalah peserta yang tertua di antara peserta sinode ini. Akan tetapi
saya mengatakan secara jujur. walaupun saya yang tertua, namun pengalaman saya
masih sedikit memimpin. Sebab baru periode ini saya n1enjadi Praeses. Kalau
saudara-saudara berkenan, saya mohon ada dua orang lagi dari antara kita yang
mendampingi saya memimpin sidang ini. ''
Permohonan Pdt. DJ.
Simanjuntak itu disambut peserta sinode dengan positif. Dari hasil kemufakatan
para Praeses dan juga didukung peserta Sinode Godang, maka ditunjuklah Pdt. RW.
Napitupulu, Praeses Distrik Sumatera Timur dan Pdt L.J. Napitupulu, Praeses
Distrik Toba untuk mendampingi Pdt. DJ. Simanjuntak, Praeses Distrik Tanah Alas
dalam memimpin sidang Sinode yang sempat tertunda. –
Setelah mereka
bertiga duduk di meja pimpinan, mereka sempat berdiskusi secara berbisik-bisik.
Kemudian hasil diskusi mereka diumumkan kepada peserta. Untuk memperlancar
sidang selanjutnya mereka meminta sidang diskors untuk sementara waktu dalam
tempo satu jam. Pada saat sidang diskors, akan diadakan Rapat Praeses, setelah
itu barulah sidang dimulai lagi. Pemberitahuan itu disetujui oleh peserta
Sinode Godang, maka sidang pun diskors.
Setelah selesai masa
skors sidang, dan demikian juga rapat Praeses telah selesai tanpa ada keputusan
yang dapat disepakati, maka peserta Sinode Godang memasuki ruang sidang. Begitu
sidang dibuka, seorang peserta, Pdt. S.P. Siregar, berdiri dan meminta
berbicara. Setelah ia diizinkan oleh pimpinan sidang, ia mengatakan:
"Sepanjang yang
saya kenai dari antara teman-teman Pendeta, tidak ada yang mempunyai kharisma
dan wibawa seperti Ompu i Ephorus yang terhormat, Ds. GH.M Siahaan. Oleh karena
itu, yang memimpin Sinode Godang ini dan yang memimpin HKBP saya usulkan agar
tetap Ephorus Ds. G.H.M. Siahaan." Usul dan pendapat Pdt. S.P. Siregar itu
didukung oleh pembicara berikutnya. Pembicara-pembicara selanjutnya mengusulkan
hal yang sama. Semua pembicara tidak mau menerima pengunduran diri Ds. G.H.M.
Siahaan dari jabatan Ephorus HKBP.
Atas usul dan
pendapat peserta Sinode Godang itu, pimpinan sidang menetapkan: Sinode Godang
tidak menerima pengunduran diri atau peletakan jabatan Ds. G.H.M. Siahaan dari
jabatan Ephorus HKBP. Kemudian dengan penuh hormat, pimpinan sidang meminta
agar Ompu i Ephorus Ds. G.H.M. Siahaan datang ke meja pimpinan untuk memimpin
Sinode Godang HKBP. Undangan dan permohonan itupun diterima dan disanggupi oleh
Ds. G.H.M. Siahaan.
Selama Sinode Godang,
l-6Agustus 1976, Ds. G.H.M. Siahaan tidak merumuskan secara jelas dan konkrit
apa yang dimaksud dengan hamaolon kemelut- tersebut. –
Walaupun sebenarnya
sudah dipaparkan Ds. G.H.M. Siahaan, bahwa masalah itu adalah soal kinerja
Ephorus yang kurang baik antara Majelis Pusat HKBP, namun umumnya peserta
Sinode Godang belum mengetahui dengan pasti, mengapa akhirnya Ephorus
menyatakan tidak bersedia lagi memimpin Rapat Majelis Pusat HKBP. Percakapan
dan diskusi selama Sinode Godang, 1-6 Agustus 1976 itu hanya di sekitar apa
yang dimaksud dengan hamaolon tersebut dan bagaimana mencari jalan keluar atas
sikap yang sudah dinyatakan Ephorus terhadap rapat Majelis Pusat tersebut. –
Jadwal waktu Sinode
Godang, 1-6 Agustus 1976 yang sarat dengan kemelut itu akhirnya habis.
Keputusan yang diambil hanya tentang Majelis Pusat adalah: "Ndang be adong
jolo rapot Parahalado Pusat dohot bagian-bagianna paima Sinode Godang na naeng
ro." - Rapat Majelis Pusat dan bagian-bagiannya ditiadakan sampai Sinode
Godang yang akan datang. Karena sebenarnya masih ada agenda sinode yang belum
dibahas, sementara waktu Sinode Godang telah berakhir, maka Ephorus HKBP
akhirnya menskors sidang Sinode Godang sampai ke Sinode Godang berikutnya.
Sinode lanjutan
diadakan pada tangal 23-27 Januari 1978 yaitu sebagai Sinode Godang Istimewa
HKBP. Tema Sinode Godang ini adalah "Haringgashon hamu ma mangaradoti
hasadaon ni tondi pinadomu ni dame!" - "Berusahalah memelihara
kesatuan Roh oleh ikatan damai sejahtera!" (Efesus 4:3a). –
Dari tema Sinode
Godang yang ditetapkan Ephorus Ds. G.H.M. Siahaan ini sudah jelas kelihatan
arah dan harapan yang diinginkan lahir dari Sinode Godang Istimewa itu.
Tentunya, agar kemelut dalam tubuh dan kepemimpinan HKBP dapat diselesaikan
melalui Sinode Godang Istimewa itu. Agenda Sinode Godang pun ditetapkan sesuai
dengan prosedur pelaksanaannya melalui Aturan dan Peraturan HKBP. Ada dua pokok
masalah yang harus diputuskan oleh Sinode Godang Istimewa itu. -
Pertama mengenai
masalah Hamaolon di Parhalado Pusat dan kedua Masalah Fakultas Theologia
Universitas HKBP Nommensen. Sebenarnya ada lagi masalah yang sangat alot
dibicarakan selain kedua agenda tersebut, yaitu mengenai keabsahan credential
peserta Sinode Godang Istimewa. (18)
-------------------.
Fnote-18
Masalah itu adalah
mengenai credential peserta Sinode Godang dari utusan Ressort Kebayoran Baru
Jakarta. Setelah diadakan beberapa kali rapat Ressort Kebayoran Baru, akhirnya
ditetapkan Ds. P.M. Sihombing, MTh. sebagai urusan Sinode Godang dari HKBP Ressort
Kebayoran Baru. Akan tetapi Pdt. P.W.T. Simanjuntak, Praeses HKBP Jawa-
Kalimantan, tidak bersedia menanda-tangani surat credential peserta Sinode
Godang untuk Ds. P.M. Sihombing, dengan alasan akan mengakibatkan masalah
nantinya bagi Ressort Kebayoran Baru sendiri. Menurut Praeses tersebut. Tidak
semua peserta rapat Ressot Kebayoran Baru setuju terhadap Ds. PM. Sihombing
sebagai utusan Ressort Kebayoran Baru. Berhubung karena persoalan bukan lagi
hanya di Ressort Kebayoran baru, tetapi sudah masalah credential peserta Sinode
Godang, maka Ephorus menyetujui usul panitia seksi credential agar membicarakan
hal tersebut di plena Sinode Godang. Keputusan akhirnya diambil dan disepakati
bahwa Ds. P.M. Sihombing diterima sebagai peserta Sinode Godang utusan dari
HKBP Ressort Kebayoran Baru.
--------------------.
Sesuai dengan tema
Sinode godang Istimewa, 23-27 Januari 1978, Ephorus HKBP, Ds. G.H.M. Siahaan
menyampaikan dalam khotbahnya agar sinode itu dapat mengambil keputusan
berdasarkan "Haringgashon hamu ma mangaradoti hasadaon ni Tondi pinadomu
ni dame - berusaha memelihara kesatuan Roh oleh ikatan damai sejahtera.
Kesatuan Roh yang dimaksud bukanlah kesatuan dalam bentuk luar tetapi dalam
bentukjiwa. Dapat saja terjadi perbedaan dan kepelbagaian, namun harus tetap
sejiwa, satondi. –
Seperti di dalam
suatu persekutuan, dapat saja terjadi perbedaan pendapat. Namun untuk mencapai
damai sejahtera, setiap seorang atau masing-masing pihak harus dapat saling
mengalah, rap pntalu rohana. Akan tetapi hasadaon ni tondi - kesatuan roh -
yang dimaksud bukan berarti mengalah karena memang dikalahkan.
Kesatuan roh bukan
berarti mengalah karena tidak mampu lagi berjuang untuk menang. Bukan juga
berarti berpendapat, dari pada ada masalah, lebih baik mengalah saja. Akhirnya
ditempuh lah kesatuan pendapat melalui kompromi, yang suatu ketika bila
dimungkinkan, akan diperjuangkan lagi untuk memenangkan pendapatnya kembali,
tanpa kompromi. Kesatuan roh bukanlah seperti itu. Sebab, orang-orang yang
bersikap seperti itu akan merasakan ketidak-puasan, merasa dikalahkan, merasa
dilecehkan dan merasa tidak dihargai. –
Akibatnya kebenaran
tidak tercapai, damai sejahtera juga tidak mungkin terjadi. Kesatuan roh yang
dimaksud memang sulit dicapai, karena harus mengabaikan berbagai kehendak
roh-roh duniawi yang ada dalam kehidupan manusia. Kesatuan roh adalah atas
kesatuan yang dikuasai Roh dari Allah. Oleh karena Roh Allah hanya satu, maka
setiap orang yang dikuasai Roh Allah itu akan dapat bersatu. Itulah kesatuan
roh yang dimaksud, yang dapat menciptakan damai sejahtera. (19)
-------------------------
Fnote 19-
Notulen Sinode Godang
Isrimewa HKBP. Sipoholon, 23-27 Januari 1978, "Jamira Pembukaan Ephorus
HKBP", hat 6-9.
------------------
Sesuai dengan agenda
Sinode Godang Istimewa, yang didasarkan pada tema Sinode Godang istimewa dan
dipandu oleh khotbah Ephorus HKBP, Ds. G.H.M. Siahaan, pembahasan tentang
hamaolon – kemelut- di dalam tubuh Majelis Pusatpun dimulai dibicarakan. Atas
pertanyaan beberapa peserta Sinode Godang Istimewa yang meminta lebih rinci apa
sebenarnya hamaolon yang dimaksud, maka Ephorus Ds. G.H.M. Siahaan mengatakan:
"Taringot tu
hamaolon, nanga disurathon intina di Barita Jujur Taon. manang tondina adong
disi: lba na manguluhon !wria i gabe pangihut-ihut sian pudi. !sara ni supir,
songon na adong do nibilala hagogoon mamboan tu na asing. Malo sada motor adong
dua supir, ise na gumogo i ma na manontulwn aralzna. Ndang boi dua supir, ai
ise na gumogo i ma na saut supir. Molo holan na manekken na ma ahu, ndarzg dumu
i. I do umbahen na so boi rap mangula." (20)
Mengenai kemelut,
sudah dilaporkan intinya di dalam lnformasi Pelayanan Tahunan. Atau jiwanya
sudah ada dituliskan di sana:-
“Saya sebagai yang
memimpin gcreja ini hanya sebagai pengikut dari belakang. Ibarat supir, saya
merasakan ada semacam kekuatan yang hendak membawa ke jalan yang lain. Kalau
dalam satu mobil ada dua supir, siapa yang terkuat itulah yang menentukan arah.
Tidak boleh ada dua supir.Sebab siapa yang terkuat itulah yang menjadi supir
yang sebenarnya. Kalau saya hanya untuk menanda-tangani keputusan, itu tidak
benar. Itulah sebabnya tidak dapat bekerja sama."
Berdasarkan
penjelasan Ephorus tersebut, salah seorang peserta Sinode Godang menyimpulkan
bahwa hamaolon itu sebenarnya berada antara Ephorus, Sekretaris Jenderal dan
Majelis Pusat. Dikatakan lagi bahwa sebenarnya Ephorus dan Sekretaris Jenderal
tidak sarongkap - tidak dapat menjadi partner kerja, sehingga banyak kebijakan
dan keputusan yang keluar dari Kantor Pusat HKBP, termasuk rapat Majelis Pusat,
yang tidak diketahui Ephorus HKBP.
------------
Fnote 20
Ibid. hal. 28.
-----------
Hal itu dibantah
Sekretaris Jenderal HKBP, yaitu Pdt. Dr. F. H. Sianipar. Menurut Sekretaris
Jenderal, sesuai dengan Aturan dan Peraturan HKBP, yang memimpin Rapat Majelis
Pusat adalah Ephorus HKBP. Hanya apabila Ephorus HKBP berhalangan, maka
Sekretaris Jenderal lah yang memimpin nya. –
Namun di sanalah
masalahnya. Karena menurut penjelasan Ephorus, sering jadwal rapat Majelis
Pusat hanya secara tiba-tiba diketahuinya sehingga tidak dihadiri. Klimaks dari
kondisi itulah yang menjadi penyebab sehingga Ephorus Ds. G.H.M. Siahaan
mengatakan pada Sinode Godang pada tanggal 1-6 Agustus 1976: "Saya tidak
bersedia lagi memimpin Rapat majelis Pusat. bila tidak ada perubahan."
Banyak tanggapan dan
usul dari peserta sinode untuk menyelesaikan kemelut tersebut. Ada yang
mengatakan supaya anggota Majelis Pusat di non-aktifkan sampai selesai periode,
1980. Ada yang mengatakan agar mereka dipecat saja dan diadakan pemilihan
Majelis Pusat yang baru. Ada yang setuju dengan usul tcrsebut dengan
menambahkan Majelis Pusat yang dipecat atau dinonaktifkan itu dapat dipilih
kembali. Namun ada yang mengatakan tidak dapat dipilih kembali. Ada usul lain,
Majelis Pusat dinonaktifkan saja, kemudian diangkat atau dipilih oleh Sinode
Godang penggantinya berupa tim pembantu Ephorus.
Ketika semakin gencar
memberikan tanggapan tentang apa dan mengapa ada hamaolon atau kemelut
tersebut, akhirnya Ephorus Ds. G.H.M. Siahaan menyampaikan Pernyataan iman-
Statement of Faith - yang sangat fundamental sesuai dengan isi pokok yang
dipergumulkan Sinode Godang Istimewa tersebut. Kepada para anggota Sinode
Godang, Ds. G.H.M. Siahaan mengatakan:
"Ra, mabalgahu
dohononhu, na so sada tondi na manggomgomi ahu do hot Parhalado Pusat."
“Barangkali, terlalu besar saya katakan, bahwa roh yang mendiami saya tidak
satu dengan Majelis Pusat.“ (21)
Pernyataan Ephorus
Ds. G.H.M. Siahaan ini benar-benar menggegerkan peserta Sinode Godang.
Sekalipun Ds. G.H.M. Siahaan memulai kalimatnya dengan kata "Ra"-
Barangkali, namun semua orang tahu apa arti 'ra' bagi Ompu i.
--------------------------
Fnote 21-" Ibid,
hal 5J.
--------------------------/
Di kalangan Parhalado
Pusat, ada anekdot. Tumingkos do 'ra' ni Ompu i sian hat a 'sasintongna' ni si
Baluto. Artinya, adalah lcbih benar kata 'mungkin' Ompu i dari pada kata 'yang
sebenarnya' yang sering diucapkan Baluto. –
Baluto adalah mantan anggota
Majelis Pusat, nama aslinya St. B. Lumbantobing, tapi lebih terkenal dengan
sebutan Baluto. Apabila berbicara atau mengutarakan pandangannya selalu
didahului dengan Pernyataan: "Sasintongna, menurut historis recht ...
"Sedangkan bila
Ompui Ephorus Ds. G.H.M. berbicara, selalu dimulai dengan kata: "Ra",
mungkin, walaupun apa yang diutarakannya sebenarnya sudah merupakan kepastian.
Dengan demikian bila Ds. G.H.M. Siahaan mengatakan, Ra pabalgahu dohonhu, na so
sada tondi na manggomgomi ahu dohot Parhalado Pusat. adalah ungkapan yang
sangat tegas, keras dan bermuatan makna teologis.
Melalui ungkapan
tersebut, persoalan tentang hamaolon- kemelut itu sudah semakin terungkap
dengan jelas. Dengan menyetir Pernyataan Ds. G.H.M. Siahaan itu, maka ada dua
alasan yang sangat fundamental, mengapa Ds. G.H.M. Siahaan tidak bersedia lagi
memimpin rapat Majelis Pusat.
Pertama secara
organisasi, karena Majelis Pusat merupakan supir kedua dalam memimpin HKBP.
Tentang keberadaan dua supir dalam satu mobil sudah dijelaskan sebelumnya.
Boleh jadi yang menentukan arah perjalanan HKBP adalah supir kedua, karena
mereka lebih kuat dari supir satu. Kedua, secara penghayatan iman, Ds. G.H.M.
Siahaan memahami tidak berada di dalam satu roh yang sama dengan Majelis Pusat.
Kedua alasan ini
berdampak kepada pemahaman iman, dan mengundang perdebatan teologis. Apakah
memang ada beberapa roh? Apa yang dimaksud Ds. G.H.M. Siahaan, tidak satu roh
yang mendiaminya dengan Majelis Pusat? –
Pada pasca Sinode
Godang Istimewa itu, tidak urung Universitas HKBP Nommensen, yang kebetulan
dari antara Dosen dan Pengurus Yayasan nya ada beberapa anggota Majelis Pusat,
mengadakan seminar tentang Roh. Dengan topik "Roh dan Pelayanan dalam
Gereja'' yang diadakan di Medan pada tanggal 4-8 April 1978. Pembicara atau
nara sumber juga didominasi anggota Majelis Pusat yang ada di lingkungan
Universitas tersebut, sehingga motif dan hasil seminar sudah dapat diduga. –
Reaksi terhadap hasil
seminar itu juga muncul dari kelompok diskusi teologis para Pendeta yang
melayani di Distrik Medan Aceh, bulan Juli 1979. Kelompok diskusi ini mencoba memberi
penilaian terhadap ceramah dan hasil seminar tersebut sekaligus meluruskan
penyataan Ds. G.H.M. Siahaan tentang 'tidak satu roh yang mendiami Ephorus dan
Majelis Pusat' tersebut. (22)
Agenda kedua yang
dibicarakan pada Sinode Godang Istimewa, 23- 27 Januari 1978 itu adalah tentang
masalah Fakultas Theologia. Sepanjang tahun 1976, HKBP memang mengalami badai
kemelut yang sangat dahsyat. Kondisi kinerja antara Ephorus dan Majelis Pusat
sangat mempengaruhi kinerja pelayanan di setiap sektor, Resort, Distrik,
Lembaga dan Department. –
Namun demikian
masalah yang dihadapi Ephorus di dalam rapat Majelis Pusat tidak ada
hubungannya secara langsung dengan masalah Fakultas Theologia Universitas HKBP
Nommensen.-
Setelah mahasiswa
Fakultas Theologia ke luar dari kampus, Ephorus HIKBP, Ds. G.H.M. Siahaan turun
dari Pearaja. Berhubung karena mahasiswa yang keluar dari kampus itu terdiri
dari berbagai gereja, seperti HKBP, GKPI, HKI, GKPS, GBKP. BNKP, Methodist,
maka dengan bijaksana Ds. G.H.M Siahaan
------------------.
Fnote 22 :
22- Pemahaman
teologis tentang ungkapan Ds, G.H.M. Siahaan "Kesatuan Roh" akan
diutarakan pada hagian akhir buku ini.
23-"'Ketua Seksi
Sejarah Panitia Jubileum 125 Tahun HKBP, Pdt. Dr. J.R. Hutauruk menuliskan:
"Kemelut di bidang kepemimpinan ltu ada akibatnya dengan kerukunan dalam
Yayasan HKBP. Terutama dengan yayasan Universitas HKBP Nommensen, terbukti
dengan kasus yang tjmbul di Fakultas Theologi di Pematang Siantar, yang mana
dimulai dengan keresahan di antara mahasiswa pada bulan September 1976, satu
bulan setelah Sinode Agung. 1·6 Agustus 1976." (J.R. Hutauruk (ed), Tuhan
menyertai UmatNya (Pearaja·Tarulung: Kamor Pusat HKBP, 1986) hal. 130.
Pernyataan ini tidak benar. Kemelut di Fakultas Theologia terjadi bukan setelah
Sinode Godang, langga1 1-6 Agustus 1976. Kemelut itu sudah dimulai sejak bulan
Maret 1976. Keresahan mahasiswa ketika itu adalah karena sikap arogansi dan
otoriter Dekan Dr. P. Sormin dan beberapa dosen anggota Majelis Pusat Mungkin
arogansi itu ada hubungannya dengan dominasi mereka di tingkat pusat HKBP.
Ketika itu, di kalangan mahasiswa ada gerakan tulup mulut. ada mata-mata dosen
yang disebut sebagai tivi lapangan. Keresahan itu akhirnya menjadi suatu
gerakan perlawanan dalam bentuk aksi mogok kuliah, yang dipicu o1eh keputusan
Rapat Senat Dosen memecat Mori Sihombing. Ketika itu menjabat sebagai Ketua
senat mahasiswa hanya Karena keterlambatan menyerahkan tugas dalam salah satu
mata kuliah. Melalui aksi mogok kuliah tersebut disampaikanlah beberapa
tuntutan untuk memperbaiki kehidupan ber asrama dan kampus, termasuk menganulir
keputusan tentang Mori Sihombing. Oleh Karena tuntutan tersebut tidak
ditanggapi, maka aksi mogok kuliah berlanjut menjadi aksi mogok ujian semester,
yang seyogianya dilakukan bulan Mei 1976. Setelah Sinode Godang, 1-6 Augustus
1976, keadaan memang semakin kisruh dan kusut. Atas pengaduan dekan fakultas
Theologia, yang di rekomendasikan oleh Dr. TD. Pardede, maka pengurus Senat
Mahasiswa berjumlah 22 orang ditahan dan di interogasi oleh Kodim, 122 Pantai
Timur Simalungun. Alasan penahanan adalah tuduhan Dekan bahwa mahasiswa
tersebut telah terindikasi kuat dipengaruhi ajaran komunisme. Sebutan Komunis
apalagi ajarannya, pada waktu itu sangat peka dan merupakan momok yang
menakutkan di republik · Surat pengaduan Dekan yang direkomendasi Rektor itu
diketahui penulis dari Kapten J. Ginting yang menginterogasi penulis ketika
itu. Penahanan itu berlangsung selama 12 hari. Setelah dibebaskan mahasiswa
kembali ke kampus. Akan tetapi besok harinya Dekan Fakultas Theologia,
mengeluarkan surat pemecatan terhadap ke 22 orang mahasiswa tersebut dan harus
meninggalkan asrama dan kampus dalam tempo 1 x 24 jam.
Dalam keadaan haru ke
22 orang mahasiswa itu harus meninggalkan asramanya dan keluar dari kampus.
Akan tetapi Karena rasa solidaritas mahasiswa sangat tinggi pada waktu itu,
mahasiswa yang lain turut keluar dari kampus. Dari jumlah 250 lebih mahasiswa,
hanya 11 orang tinggal di dalam dan tidak mau keluar. Peristiwa itu disikapi
masyarakat dan jemaat jemaat yang ada di kota Siantar denga haru.
Banyak keluarga yang
dating ke kampus untuk menjemput dan mengundang mahasiswa, walaupun tidak ada
hubungan keluarga dan tidak saling mengenal, agar mahasiswa mondok di rumahnya.
Para anag beca mesin juga datang berbaris baris, siap membantu menghantarkan
mahasiswa ke tempat tujuan tanpa bayar. Minggu berikutnya hamper Semua jemaat
dari berbagai denominasi yag ada di Siantar memberitahukan melalui warta
jemaat, agar anggota jemaat bersedia menampung mahasiswa yang keluar, ber
eksodus, dari kampus itu. Itulah yang terjadi bulan September 1976.
-----------------------------------------------.
mendadak mengadakan
perkunjungan kepada pimpinan pimpinan gereja tersebut. TeRohosan yang dilakukan
Ds. G.H.M. Siahaan ternyata bukan hanya membicarakan masalah mahasiswa Fakultas
Theologia, tetapi sekaligus mencairkan hubungan antara Pucuk Pimpinan HKBP
dengan Pucuk Pimpinan Gereja-gereja yang ada di Sumatera Utara, yang selama itu
terkesan kaku, dingin dan tanpa kontak komunikasi. Jadi ada blessing in
disguise di sana. Sebab sejak itu, hubungan dan kerjasama antar Gereja
se-Sumatra Utara semakin terjalin dengan baik.
Atas kesepakatan para
Pucuk Pimpinan Gereja-gereja Sumatera Utara, dilaksanakan program lanjutan
pendidikan teologi dan penggembalaan kepada mahasiswa yang keluar dari Fakultas
Theologia Universitas HKBP Nommensen. –
Program itu disebut
Penggembalaan Mahasiswa Theologia Gereja-gereja Sumatera Utara (PMTGSU).
Penanggung-jawab pelaksanaan program itu adalah Ephorus HKBP, Ds. G.H.M.
Siahaan. Sedangkan pelaksana penggembalaan dan pendidikan adalah beberapa dosen
Fakultas Theologia yang akhirnya menyatakan diri bergabung dengan mahasiswanya
dan dibantu oleh tenaga-tenaga yang berpendidikan dari GKPI, HKI dan
gereja-gereja lainnya. Tempat perkuliahan diadakan di Gedung Hermon Departemen
Zending, Kantor Pusat GKPI dan Gedung Serba Guna HKL Program PMTGSU adalah
sementara, menunggu keputusan Sinode Godang HKBP, sebagai lembaga tertinggi
dalam pengambilan keputusan di HKBP. Itulah yang dibicarakan dalam salah satu
agenda Sinode Godang Istimewa, tanggal 23-27 Januari 1978. –
Keputusan Sinode
Godang Istimewa tanggal Januari 1978 adalah: Pertama, Rapat Majelis Pusat HKBP
dan bagian-bagiannya serta kegiatannya ditiadakan sampai Sinode Godang 1980,
tetapi keanggotaannya tetap sebagai anggota Sinode Godang. Kemudian dibentuk
Tim Pembantu Ephorus HKBP sampai Sinode Godang 1980. Kedua, agar Ephorus HKBP
menyatukan kedua pendidikan teologi, Fakultas Thelogia dan PMTGSU dengan tempat
dan nama· baru. Sinode juga menetapkan agar Ephorus dan Tim Pembantu Ephorus
membentuk satu tim untuk menerima Fakultas Theologia kepada Yayasan Universitas
HKBP Nommensen agar dapat disatukan dengan PMTGSU. Langkah awal yang dilakukan
Ephorus HKBP untuk merealisasikan keputusan Sinode Godang itu adalah mendirikan
Sekolah Tinggi Theologia HKBP dengan cikal-bakal PMTGSU, yang diresmikan pada
tanggal 12 April 1978. ibadah peresmiannya diadakan di HKBP Tomuan
Pematangsiantar, yang langsung dipimpin oleh Ephorus HKBP, Ds.G.H.M. Siahaan.